HOMOGENEOUS FLOORING

HOMOGENEOUS FLOORING

Apa Itu Homogeneous Flooring

Secara umum Vinyl Flooring terbagi menjadi dua kategori utama yaitu homogeneous flooring dan heterogeneous flooring. Perbedaan mendasar keduanya terletak pada jumlah lapisan dan bahan penyusun masing-masing pelapis lantai tersebut. Selain perbedaan secara spesifikasi teknis tersebut tentunya masing-masing memiliki keunggulan dan kelebihan pada fitur-fitur yang ditawarkan. Semuanya kembali pada pilihan untuk memenuhi kebutuhan interior Anda.

Homogeneous flooring adalah jenis lantai dengan lapisan tunggal, disebut homogen karena dari permukaan hingga bagian dasar pelapis lantai ini menggunakan lapisan dari bahan yang sama. Tidak ada lapisan yang berasal dari bahan lain seperti halnya vinyl heterogeneous flooring. Homogeneous flooring memiliki struktur lapisan tunggal atau single/mono-layer flooring. Konsekuensi dari struktur lapisan tunggal ini adalah memiliki karakteristik yang lebih solid dan warna yang lebih mendalam.

Bahan material ini umumnya berasal dari partikel PVC (polyvinyl chloride) yang memiliki warna khusus karena melalui proses pewarnaan yang khusus pula. Berdasarkan prosesnya pelapis lantai ini memiliki dua pilihan motif yang ditawarkan yaitu pola langsung dan pola tidak langsung. Pola langsung biasanya berupa warna tekstur solid atau tunggal sedangkan pola tidak langsung biasanya lebih banyak motif yang dikreasikan seperti gambar bunga dan lain sebagainya.

Dengan struktur lapisan tunggal tersebut menjadikan warna pada pelapis lantai homogen ini mengalir ke seluruh bagian. Selain itu homogeneous flooring juga dapat diremajakan atau diperbarui. Kerusakan ringan seperti goresan kecil dapat diperbaiki dengan mengelupasnya menggunakan penggiling, memoles, memperbaiki, serta me-wax ulang seperti sedia kala. Perawatan seperti ini, dengan membuang bagian yang rusak, tidak dapat dilakukan pada pelapis lantai heterogen atau heterogeneous flooring.

Kelebihan dan Keunggulan Homogeneous Flooring

Frantinco flooring sebagai produsen yang memproduksi pelapis lantai vinyl berkualitas juga supplier material interior lainnya berkomitmen dalam menghadirkan produk-produk unggul untuk memenuhi kebutuhan interior Anda. Homogeneous flooring memiliki kelebihan dan keunggulan yang menjadikan material ini memenuhi kriteria untuk kebutuhan Anda. Berikut kami ulas selengkapnya.

  1. Memiliki ketahanan yang kuat

Frantinco Homogeneous Flooring memiliki ketahanan yang kuat terhadap benda-benda yang diletakkan di atasnya. Seperti perlengkapan dan peralatan medis atau laboratorium di rumah sakit, lemari arsip di ruang kantor, meja rapat, kursi, sofa dan lain sebagainya yang rentan menimbulkan gesekan dan lecet pada lantai. Sangat tepat jika Anda mengaplikasikan atau memasang pelapis lantai homogen Frantinco pada ruangan Anda. Lapisan tunggal yang membentuk membuatnya kuat dan solid.

  1. Ideal untuk area lalu lintas berat

Kekuatan homogeneous flooring dapat Anda uji dan buktikan dengan misalnya, menjatuhkan benda berat atau memiliki sisi lancip pada lantai. Komposisi bahan material dan lapisan tunggal yang solid hingga pada permukaan pelapis lantai homogen ini membuatnya kuat dan tahan terhadap benturan. Benda-benda berukuran besar dan memiliki sisi yang lancip dapat dengan mudah menimbulkan goresan di lantai. Namun dengan melapisi lantai menggunakan homogeneous flooring Anda tidak perlu lagi khawatir adanya kerusakan pada lantai yang ditimbulkan.

  1. Tahan aus, noda, dan tidak mudah grepes

Kekuatan dan ketahanan material penyusun homogeneous flooring ini menjadikannya paling ideal melapisi dan melindungi lantai institusi seperti rumah sakit dan sekolah. Seperti kita ketahui bersama bahwa pada dua institusi ini banyak aktivitas yang dilakukan di dalamnya dengan melibatkan penggunaan alat atau benda yang berat dan berukuran besar. Benda-benda tersebut rawan menimbulkan gesekan dan goresan pada lantai keramik bahkan tak jarang menimbulkan keretakan. Solusi yang tepat adalah dengan melapisinya menggunakan flooring ini.

  1. Semua lapisan anti-mikrobakteri

Pada dasarnya pelapis lantai homogen ini didesain untuk fasilitas pendidikan dan kesehatan dengan menggunakan bahan yang mampu menghalau perkembangan bakteri sehingga cocok sekali diaplikasikan pada rumah sakit, puskesmas, klinik, dan sekolah-sekolah. Lapisan anti-mikrobakteri tidak hanya ada pada lapisan paling atas atau permukaannya saja namun menyeluruh hingga lapisan paling bawah. Hal ini karena homogeneous flooring merupakan pelapis lantai dengan struktur lapisan tunggal atau single layer flooring.

  1. Mudah dibersihkan

Lembaran homogeneous flooring dengan lapisan tunggal yang solid menjadikan material ini mudah dibersihkan. Selain itu yang menjadi salah satu kelebihannya adalah tidak mudah menyerap kotoran saat jatuh pada permukaan lantai. Keunggulan ini memberikan keuntungan bagi setiap pengunjung atau pasien agar tetap nyaman berada di dalam rumah sakit. Proses membersihkannya pun cukup mudah yaitu dengan menggunakan alat pel lantai konvensional atau dapat pula menggunakan penyedot debu untuk hasil yang maksimal.

  1. Tahan terhadap air

Sebagaimana kita ketahui bahwa bahan vinyl – baik untuk jenis pelapis lantai homogen maupun heterogen – memiliki tingkat kerapatan serat material yang solid. Hal ini membuat pelapis lantai homogen tidak mudah basah oleh cairan yang tumpah dan mengenai permukaannya. Karakteristik tingkat kohesivitas yang tinggi menyebabkan cairan tidak dapat meresap dan membasahi lantai sehingga bisa dengan mudah dibersihkan dan dikeringkan.

  1. Mampu meredam suara bising

Homogeneous flooring – Frantinco – juga memiliki kelebihan dapat meredam suara bising. Untuk pengaplikasian dalam rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya, di mana ketenangan dan kenyamanan pasien sangatlah penting, penggunaan single layer flooring sangat dianjurkan. Meskipun reduksi suara bising yang diredam tidak sebaik pada heterogeneous flooring, namun dengan mempertimbangkan keunggulan lain dari jenis pelapis lantai ini masih direkomendasikan.

  1. Dapat mempertahankan panas dan menjaga suhu ruangan

Kestabilan suhu di dalam ruangan ada kalanya menjadi hal yang sangat penting, terlebih apabila berkaitan dengan kenyamanan dan kesehatan pasien dalam ruangan di rumah sakit. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk memasang pengatur suhu ruangan di setiap kamar ruang inap pasien. Hal yang sama juga diperlukan pada ruang laboratorium, radiologi, inkubasi, ICU, IGD, dan ruang lain di rumah sakit yang tidak memungkinkan untuk memasang pengatur suhu ruangan tambahan.

  1. Tidak memerlukan polesan

Homogeneous flooring terbuat dari bahan utama feldspar yang ditambahkan silica dan zat pewarna. Komposisi bahan-bahan ini menghasilkan warna, motif, dan pola pelapis lantai yang merata.

Spesifikasi, Ukuran, dan Motif Homogeneous Flooring

Homogeneous flooring dalam bentuk lembaran merupakan jawaban atas keresahan Anda tentang pilihan pelapis lantai terbaik modern. Mudah dalam pemasangan dan perawatan. Memiliki ketahanan terhadap cairan kimia yang bersifat ringan maupun berat, tahan terhadap sabun, deterjen, dan minyak yang kesemuanya diulas dalam segmen keunggulan dan kelebihan material ini. Homogeneous flooring dapat menjadi keputusan terbaik untuk lantai ruangan dengan aktivitas dan mobilitas yang berat di atasnya seperti rumah sakit, sekolah, supermarket, dan kantor sebagaimana arena bermain, fasilitas publik dan bus.

Secara teknis spesifikasi lembaran homogeneous flooring memiliki ukuran lebar 2m, panjang 20m, dan ketebalan 2mm. Dengan menggunakan lem sebagai perekat bagian-bagiannya memungkinkan pemasangan flooring selesai dikerjakan dalam waktu yang relatif singkat. Selain itu variasi ukuran lain juga memungkinkan pola atau bentuk potongan dalam pemasangannya dikreasikan dengan keinginan Anda.

Homogeneous flooring tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 40cm x 40cm, 60cm x 60cm, 80cm x 80cm, 100cm x 100cm, 120cm x 120cm, hingga ukuran yang lebih dari 150cm yaitu 20m x 200cm. Tentang ketebalan pelapis lantai ini, homogeneous flooring berbentuk lembaran yang memiliki ketebalan hingga 2mm. Ukuran ketebalan ini pada praktiknya tidaklah menyulitkan dalam proses pemasangan namun memberikan hasil perlindungan maksimal pada lantai interior Anda.

Harga Homogeneous Flooring Terjangkau

Untuk saat ini harga homogeneous flooring atau homogeneous tile dengan ukuran standar berkisar antara Rp400.000 hingga Rp600.000 per meter perseginya. Beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat harga dan perbedaan nilai jual produk ini antara lain merek produk, mutu atau kualitas bahan, serta ukuran. Singkatnya, untuk merek atau brand tertentu homogeneous flooring memiliki standar patokan harga yang tetap, hanya ukuran yang membedakan tingkat harganya.

Homogeneous Flooring Frantinco ditawarkan dengan harga yang kompetitif dan bersahabat. Anda tidak perlu khawatir anggaran pengeluaran Anda membengkak hanya untuk mendapatkan lantai dengan kualitas terbaik. Kami adalah solusinya. Frantinco Flooring menawarkan alternatif pilihan untuk Anda agar mendapatkan kualitas lantai bermutu tinggi dengan tetap menghemat pengeluaran Anda.

Cara Memasang Homogeneous Flooring

Terdapat dua metode umum dalam memasang homogeneous flooring yaitu metode modified loose lay dan metode glue down. Setiap tempat memiliki perbedaan kontur dan terkadang satu metode lebih baik dalam memberikan hasil akhir dibandingkan metode lainnya untuk pemasangan di tempat yang sama. Sebagai contoh misalnya metode loose lay biasanya bersifat temporal dan lebih bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan dan keinginan. Sedangkan metode lainnya, glue down atau yang dikenal juga dengan metode perekatan, lebih bersifat permanen dan menjadi pilihan terbaik untuk hasil yang lebih profesional.

Kedua metode pemasangan tersebut sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh tenaga profesional agar memberikan hasil maksimal. Pemotongan lembaran pelapis lantai homogen secara presisi menjadi hal yang terpenting sebelum melanjutkan tahap pemasangan berikutnya. Jika terjadi kesalahan presisi pada saat pemotongan lembaran pelapis lantai ini dapat berakibat pada kesulitan dalam menyesuaikan bentuk ruangan.

Berikut kami sampaikan beberapa langkah dan tips pemasangan homogeneous flooring agar hasilnya rapi dan tampak profesional.

  1. Sebelum melakukan pemasangan, pastikan permukaan lantai rata. Anda dapat menggunakan bantuan waterpass untuk memastikannya, sehingga mudah dalam menentukan ketebalan perekat.
  2. Bersihkan lantai sebelum Anda melapisi bahan adhesif atau perekat.
  3. Pasang lembaran homogeneous flooring secara perlahan, ketuklah secara pelan berurutan mulai dari bagian yang pertama direkatkan hingga bagian lembaran terakhir.
  4. Lakukan hingga pemasangan dan perekatan lembaran homogeneous flooring merata dalam ruangan.

Aplikasi dan Pemasangan Homogeneous Flooring untuk Fasilitas Publik

Pelapis lantai lembaran homogeneous flooring sangat sesuai untuk diaplikasikan di ruangan pada beberapa fasilitas publik seperti rumah sakit, klinik, puskesmas, sekolah, kantor, interior bus, galeri di sebuah super market, dan lain sebagainya. Untuk aplikasi di sebuah rumah sakit dan fasilitas kesehatan publik lainnya biasanya dilakukan secara menyeluruh pada semua ruangan karena  memiliki keunggulan anti bakteri.

Kenali juga SPC Flooring

Tags: No tags
0

Comments are closed.